piston (torak)

Piston atau torak merupakan bagian yang sangat penting dari sepeda motor karena pada bagian inilah sumber energi mekanik diproses dan dihasilkan.

Sumber: http://www.ikatanmotorhondajawabarat.com

Sistem kinerja piston biasa disebut langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Mesin sepeda motor terbagi pada dua tipe yaitu mesin sepeda motor 4 tak dan mesin sepeda motor 2 tak. Pada kedua tipe memiliki kinerja dan perbedaan masing-masing pada siklus kerjanya.

Piston bergerak dari TMA atau titik mati atas yaitu pada bagian atas blok silinder, dimana TMA merupakan titik tertinggi piston bergerak keatas kemudian piston menuju ke TMB atau titik mati bawah. Dimana TMB merupakan titik terbawah piston bergerak dibawah pada ruang pembakaran atau blok silinder.

Siklus langkah kerja piston dimulai dari langkah hisap, udara dan bahan bakar dengan rasio kompresi tertentu sesuai dengan perbandingan campuran pada kinerja mesin sepeda motor.
Pada langkah hisap ini piston bergerak dari TMA menuju TMB. Katup masuk terbuka dan katup buang tertutup. Bahan bakar dan udara masuk dan dihisap melalui katup masuk.

Langkah kedua piston melakukan langkah kompresi, piston bergerak dari TMB menuju TMA. Pada langkah ini bahan bakar dan udara yang sudah dihisap selanjutnya dikompresi dengan tekanan tertentu dengan percikan bunga api yang berasal dari busi untuk melakukan proses pembakaran. Kedua katup pada proses ini dalam keadaan tertutup.

Langkah ketiga piston melakukan langkah usaha. Campuran udara dan bahan bakar yang terbakar melalui percikan bunga api menimbulkan tekanan dan temperatur yang tinggi sehingga mendorong piston bergerak kembali dari TMA menuju TMB. Sedang kedua katup pada proses ini dalam keadaan tertutup. Proses inilah yang disebut langkah usaha atau langkah kerja piston.

Dan terakhir adalah langkah buang. Pada langkah ini piston bergerak dari TMB menuju TMA. Pada langkah ini sisa-sisa pembakaran disalurkan dan dibuang melalui katup buang dan dibuang melalui knalpot. Disini katup masuk tertutup dan katup buang terbuka.

Komponen-komponen yang terdapat pada piston diantaranya ring piston, pin piston, batang torak, dan poros engkol atau crankshaft.

Energi kimia yang berasal dari bahan bakar dikonversi menjadi energi mekanik melalui langkah kerja piston. Energi mekanik ini ditransmisikan sehingga bekerja dengan optimal untuk menggerakkan komponen mesin sepeda motor.

Untuk artikel-artikel lainya terkait motor bakar, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

KONTRIBUTOR: Rizki Maulizar (rizkimaulizar23@gmail.com)

Sumber gambar:

http://www.ikatanmotorhondajawabarat.com/read/Other/15080-Torak- Apakah-Sih-Itu (Diakses pada 12 September 2020).

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id 0815-4806-5205

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *