bearing (laher)

Laher atau biasa disebut bearing as merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi menghubungkan tromol dengan as roda sepeda motor.

Laher berfungsi untuk menahan dan meredam kejutan pada roda ketika melalui lintasan yang rusak atau bergerigi sehingga roda mampu berputar dengan bebas tanpa gesekan apapun.

Sumber: https://www.google.com/amp/s/www.jawapos.com

Perputaran poros pada roda sepeda motor cenderung terjadi gesekan dan hambatan dengan komponen-komponen yang lain pada rumah as dan velg motor sehingga dibutuhkan komponen yang mampu meredam gesekan dan hambatan tersebut sehigga roda dapat berputar dengan stabil.

Laher atau bearing as memiliki beberapa bagian yaitu lingkaran besi yang ada dibagikan luar, bola besi atau biasa disebut gotri dan lingkaran besi yang berada didalam poros laher.

Beberapa faktor penyebab kerusakan pada laher atau bearing as diantaranya pemakaian sepeda motor dalam jangka lama dengan jarak tempuh yang jauh kemudian servis dan perawatan pada laher atau bearing as jarang dilakukan sehingga menyebabkan laher rusak dan harus diganti.

Beberapa kerusakan pada laher yang sering terjadi diantaranya akan terdengar suara kasar pada laher roda depan terlebih jika sepeda motor melewati lintasan yang rusak pula dengan laju yang cepat maka bunyi suara kasar tersebut akan terdengar sangat jelas.

Gejala kerusakan laher berikutnya adalah bagian kemudi depan bergetar pada saat sepeda motor dihidupkan, itu artinya laher mengalami kerusakan dan kelonggaran sehingga bagian-bagian laher tidak dapat berfungsi atau bekerja dengan baik atau rusak.

Bagian kemudi depan bergoyang, makan ini tandanya laher juga mengalami kerusakan. Hal ini berarti laher mengalami kelonggaran sehingga tidak dapat lagi meredam gesekan atau kejutan pada poros roda sepeda motor.

Poros roda sepeda motor ini berfungsi menghubungkan bagian roda dan kemudi sepeda motor bagian depan. Hal ini berfungsi untuk menahan beban dan gesekan pada roda sepeda motor.

Maka akan sangat fatal jika menggunakan sepeda motor dengan laher/bearing as yang rusak. Selain mengganggu ergonomis dan kenyamanan, hal ini akan berbahaya pula sehingga harus dilakukan penggantian atau proses reparasi.

Untuk artikel-artikel lainya terkait motor bakar, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

KONTRIBUTOR: Rizki Maulizar (rizkimaulizar23@gmail.com)

Sumber gambar:

https://www.google.com/amp/s/www.jawapos.com/oto-dan- tekno/otomotif/22/02/2018/sepele-tapi-penting-cermati-kode-laher-biar-kruk-as- tak-rompal/%3famp (Diakses pada 18 September 2020)

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id 0815-4806-5205

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *