Konfigurasi Mesin Perahu

Perbedaan jenis dan fungsi perahu mensyaratkan konfigurasi pemasangan mesin yang berbeda-beda pula yang tentunya akan menyesuaikan dari model hull yang digunakan oleh perahu. Adapun berikut akan dijelaskan tiga konfigurasi dasar pemasangan mesin perahu, yaitu mesin outboard, inboard serta stern drive.

  1. Outboard Engine, atau dikenal dengan istilah mesin tempel

Seperti namanya, mesin ini terletak diluar (outboard) atau ditempelkan (mesin tempel) yaitu dipasang pada bagian transom kapal yaitu bagian belakang hull. Mesin jenis ini digunakan untuk mendorong perahu sekaligus untuk membelokkanya. Untuk membelokkan perahu dengan mesin outboard, seluruh mesin juga harus dibelokkan. Untuk perahu yang kecil, pada umumnya terdapat setang untuk membelokkan mesin ini, namun untuk perahu yang relatif besar, setang tersebut dihubungkan dengan tuas kemudi.

2. Mesin Inboard atau tanam

Mesin inboard terletak dibagian dalam hull. Mesin ini pada umumnya adalah mesin empat tak yang telah dimodifikasi untuk digunakan pada air. Mesin inboard dihubungkan dengan drive shaft (poros) yang terhubung dengan propeller di bagian belakang hull untuk mendorong kapal.

Berbeda dengan mesin outboard, mesin inboard tidak perlu dibelokkan seluruhnya untuk mengemudikan perahu, alih-alih menggunakan rudder atau sirip yang terletak di belakang propeller untuk mengontrol arah arus air yang mana berfungsi untuk membelokkan perahu.

3. Stern Drive Engine atau inboard-outboard engine

Mesin jenis stern drive ini merupakan gabungan dari konfigurasi inboard dan outboard. Seperti mesin  inboard, mesin jenis ini menggunakan mesin empat tak yang dimodifikasi untuk digunakan pada air yang ditanamkan didalam hull. Adapun untuk mekanisme beloknya, mesin ini menyerupai mesin outboard, yaitu membelokkan poros dan propeller untuk mengemudikan belokan perahu.

Kami memproduksi perahu penumpang maupun perahu RC fiberglass sesuai kebutuhan anda. Klik teks untuk masuk ke page kami.

By. Caesar Wiratama

Aero Engineering

Powered by: CV. Markom

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id
0815-4806-5205

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *