Jenis-jenis Bearing / Bantalan Pada Elemen Mesin
Bantalan dibuat untuk menerima beban radial murni, beban dorong murni, atau kombinasi dari dua jenis beban. Nomenklatur bantalan bola diilustrasikan pada Gambar 1 yang juga menunjukkan empat bagian penting dari bantalan. Bantalan terdiri dari cincin luar, cincin bagian dalam, bola atau elemen bergulir, dan pemisah. Pada bantalan harga rendah, pemisah terkadang dihilangkan, tetapi memiliki fungsi penting untuk memisahkan elemen sehingga kontak gesekan tidak akan terjadi.
Beberapa dari berbagai jenis bantalan standar yang diproduksi ditunjukkan pada Gambar 2. Bantalan alur dalam satu baris akan menerima beban radial sebanyak beberapa beban dorong. Bola dimasukkan ke dalam alur dengan menggerakkan cincin bagian dalam ke posisi eksentrik. Bola dipisahkan setelah pembebanan, dan pemisah kemudian dimasukkan. Penggunaan takik pengisi (filling notch) pada gambar 2b di cincin bagian dalam dan luar memungkinkan lebih banyak bola yang akan dimasukkan, sehingga meningkatkan kapasitas beban. Kapasitas gaya dorong berkurang, karena benturan bola ke tepi takik ketika ada beban dorong. Bantalan kontak sudut pada gambar 2c memberikan daya dorong yang lebih besar.
Semua bantalan ini dapat diperoleh dengan pelindung di satu atau kedua sisi. Perisai bukan penutupan lengkap tetapi menawarkan ukuran perlindungan terhadap kotoran. Varietas bantalan diproduksi dengan segel di satu atau kedua sisi. Saat segel terletak pada kedua sisi, bantalan dilumasi di pabrik. Meskipun bantalan yang disegel diperkirakan untuk dilumasi seumur hidup, terkadang disediakan metode pelumasan ulang.
Bantalan baris tunggal akan menahan sejumlah kecil defleksi poros yang tidak sejajar, tetapi ketika keadaan lebih parah, bantalan penyelarasan sendiri dapat digunakan. Bantalan baris ganda dibuat dalam berbagai jenis dan ukuran untuk membawa beban radial lebih berat dan gaya dorong. Kadang-kadang dua bantalan baris tunggal digunakan bersama untuk alasan yang sama, meskipun bantalan baris ganda umumnya akan membutuhkan lebih sedikit bagian dan menempati lebih sedikit ruang. Bantalan dorong bola satu jalur (gambar 2i) dibuat dalam berbagai jenis dan ukuran.
Beberapa dari berbagai macam bantalan rol standar yang tersedia diilustrasikan dalam gambar 3. Bantalan rol lurus (gambar 3a) akan membawa beban radial yang lebih besar daripada bantalan bola dengan ukuran yang sama karena area kontak yang lebih besar. Namun, mereka memiliki kerugian yaitu membutuhkan geometri raceways dan roller yang hampir sempurna. Sebuah sedikit ketidaksejajaran akan menyebabkan rol miring dan keluar jalur. Untuk alasan ini, penahannya harus berat. Bantalan rol lurus tentu saja tidak akan mengambil beban dorong.
Rol heliks dibuat dengan melilitkan bahan persegi panjang menjadi rol, setelah itu mereka mengeras dan digiling. Karena eksibilitas yang melekat, mereka akan memunculkan banyak ketidaksejajaran. Jika perlu, poros dan housing dapat digunakan pengganti race. Ini sangat penting jika ruang radial terbatas.
Bantalan dorong rol bulat (Gambar 3b) berguna pada beban berat dan terjadi misalignment. Elemen bola memiliki keuntungan meningkatkan bidang kontak saat beban dinaikkan.
Bantalan jarum (Gambar 3d) sangat berguna di mana ruang radial terbatas. Mereka memiliki kapasitas beban yang tinggi ketika separator digunakan, tetapi dapat diperoleh tanpa separator. Mereka dilengkapi dengan dan tanpa race.
Bantalan rol tirus (Gambar. 3e, f ) menggabungkan keunggulan bola dan bantalan rol lurus, karena dapat menerima beban radial atau dorong atau kombinasi apa pun di antara dua, dan di samping itu, mereka memiliki daya dukung beban yang tinggi dari bantalan rol lurus. Bantalan rol tirus dirancang sedemikian rupa sehingga semua elemen di permukaan rol dan jalur race berpotongan pada titik yang sama pada sumbu bantalan.
Bantalan yang dijelaskan di sini hanya mewakili sebagian kecil dari banyak yang tersedia untuk pemilihan. Banyak bantalan tujuan khusus diproduksi, dan bantalan juga dibuat untuk kelas mesin tertentu. Kelas-kelas untuk tujuan khusus terdiri dari:
- Instrument bearing, yang presisi tinggi dan tersedia dalam stainless steel dan bahan suhu tinggi
- Nonprecision bearings, biasanya dibuat tanpa separator dan terkadang memiliki split atau race lembaran logam yang dicap
- Ball bushings, yang memungkinkan baik rotasi atau gerakan geser atau keduanya
- Bearing dengan roller fleksibel
>>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TENTANG ELEMEN MESIN LAINNYA!
Kontributor : Daris Arsyada
Sumber:
Budynas, Richard G dan J. Keith Nisbett. 2011. Shigley’s Mechanical Engineering Design: Ninth Edition. Amerika Serikat: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!