Validasi openfoam: Wingley hull – VOF dengan free surface

OpenFOAM merupakan software opensource untuk computational fluid dynamics (CFD) yang dimiliki oleh OpenFOAM foundation dan didistribusikan secara eksklusif dibawash General Public License (GPL). GPL memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk mendistribusikan software dan memastikan penggunaanya akan selalu gratis selama dibawah ranah ketentuan lisensi. Dalam artikel ini akan dibahas salah satu kasus validasi software openFOAM.

Dalam kasus ini, model hull kapal disimulasikan dengan metode Volume of Fluid (VOF). Model wingley digunakan karena cukup banyak digunakan pada benchmarking simulasi, kemudian hasil simulasi ini dibandingkan dengan hasil eksperimen.

Setingan yang digunakan adalah menggunakan multiphase VOF dengan local time stepping (LTS), model turbulen k-Omega SST, wall function, dan y+ antara 30 hingga 150. Froude number bernilai sekitar 0.267.

ilustrasi mesh dan free surface dari hull
perbandingan ketinggian free surface hasil simulasi dengan eksperimen

Dari simulasi di atas, diperoleh nilai drag coefficient sebesar 0.0044, sedangkan hasil eksperimen diperoleh nilai sekitar 0.0041-0.0048.

Dari hasil di atas, terlihat bahwa hasil eksperimen dibandingkan dengan simulasi openFOAM cukup dekat.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMPELAJARI TENTANG OPENFOAM

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

References:

http://www.wolfdynamics.com/tutorials.html?id=149

Turbulent Flows Past Ship Hulls. Sarda, O. P., PhD thesis, University of Iowa, 1987.

The Summary of the Coorperative Experiment on Wigley Parabolic Model in Japan. ADP003037, 1983.

Numerical Modeling of Resistance for a Conceptual Seatrain. CD-adapco Academic Paper Contest, 2011.

Computation of Hydrodynamic Characteristics of Ships Using CFD. International Journal of Materials, Mechanics and Manufacturing, 2017.

Author: admin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *