Validasi openFOAM: Ahmed body
OpenFOAM merupakan software opensource untuk computational fluid dynamics (CFD) yang dimiliki oleh OpenFOAM foundation dan didistribusikan secara eksklusif dibawash General Public License (GPL). GPL memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk mendistribusikan software dan memastikan penggunaanya akan selalu gratis selama dibawah ranah ketentuan lisensi. Dalam artikel ini akan dibahas salah satu kasus validasi software openFOAM.
Dalam simulasi ini, model Ahmed body yang klasik digunakan untuk benchmarking simulasi dimodelkan dengan openFOAM dan dibandingkan dengan hasil eksperimen. Digunakan variasi sudut slant sebesar 25 derajat dan kecepatan 40 m/s.
Dari simulasi di atas, dihitung drag coefficient, Cd dari simulasi dibandingkan dengan eksperimen sebagai berikut:
eksperimen = 0.305
openFOAM = 0.312
error = 2.27 %
Dari hasil di atas, terlihat bahwa hasil eksperimen dibandingkan dengan simulasi openFOAM cukup dekat.
>>KLIK DI SINI UNTUK MEMPELAJARI TENTAN OPENFOAM
aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.
References:
http://www.wolfdynamics.com/tutorials.html?id=146
Some Salient Features of the Time-Averaged Ground Vehicle Wake, SAE-Paper 840300, 1984.
Aerodynamic Performance of Vehicles in Platoons: The Influence of Backlight Angles. SAE Technical Paper 2007-01-1547, 2007.
On the Aerodynamic Performance of Automotive Vehicle Platoons Featuring Pre and Post-Critical Leading Forms. R. Pagliarella, PhD Thesis. RMIT University.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!