Safety Pada Desain Kapal
Perhatian lebih terhadap safety/keamaan kapal diatur oleh peraturan internasional selama desain dan operasi. Kapal dapat dirancang untuk memenuhi semua peraturan yang ada namun pada kenyataannya tidak seaman itu dan harus dikerjakan. Hal ini dikarenakan peraturan harus disetujui oleh banyak pihak berwenang dan seringkali ada kompromi antara apa yang dianggap oleh banyak orang sebagai praktik terbaik dan apa yang orang lain rasakan terlalu membatasi atau siap untuk menerima karena alasan ekonomi. Memajukan teknologi dan mengubah persyaratan perdagangan bisa membuat kapal memimpin pasar karena fiturnya. Pengujian dari hidrodinamik atau model struktural dapat membantu menganalisis keamanan desain kapal serta analisis performa kapal.
Kapal dapat mengalami kegagalan karena:
- Air yang masuk sebagai akibat dari kerusakan atau kesalahan manusia tidak memiliki segel yang cukup menahan air. Ini dapat menyebabkan kapal terbalik
- Kebakaran atau ledakan.
- Kegagalan struktural karena kelebihan beban, kelelahan atau patah, dan bahan rapuh. Kegagalan dapat berasal dari lambung secara keseluruhan gelagar atau lokal.
- Hilangnya tenaga penggerak atau kemudi, yang menyebabkan tabrakan atau landasan.
Seorang perancang harus mempertimbangkan keselamatan, mengidentifikasi bagaimana sebuah kapal dapat rusak, probabilitas terjadinya dan konsekuensinya. Dengan data seperti itu, penilaian berdasarkan informasi dapat dibuat pada tingkat risiko yang masuk akal untuk membuat desain dan sistem keselamatan apa yang harus aplikasikan di kapal. Analisis dapat menunjukkan perlunya dukungan eksternal dalam beberapa situasi. Misalnya, kapal dapat dianggap diinginkan dalam kondisi perairan terbatas atau area yang memiliki signifikansi ekologis khusus.
Keamanan bukanlah latihan akademis. Banyak kapal hilang seperti yang ditunjukkan oleh analisis tahunan kerugian kapal yang diterbitkan oleh Lloyd’s Register. Di awal 1990-an sekitar 200 kapal hilang setiap tahun karena berbagai sebab. Seperti kasus MV Derbyshire, sebuah kapal Inggris membawa 192000 ton muatan. Juga banyak kapal pukat telah hilang karena penyebab yang tidak diketahui.
Kerentanan/Vulnerability
Sebuah kapal dapat cukup aman jika tetap utuh tetapi sangat mungkin menderita kerusakan yang luas, atau kerugian, sebagai akibat dari peristiwa yang relatif kecil. Misalnya, sebuah kapal tanpa subdivisi internal bisa beroperasi dengan aman sampai air masuk dengan beberapa cara kemudian tenggelam. Desain seperti itu akan sangat rentan. Inilah mengapa dalam kasus keamanan perancang harus mempertimbangkan semua cara di mana kapal dapat menderita kerusakan.
Karena kapal menerima kerusakan dalam operasional, kerentanan adalah sebuah pertimbangan penting untuk kapal perang. Setiap desain baru adalah subjek penilaian kerentanan untuk menyoroti elemen yang lemah. Hal ini mempertimbangkan kemungkinan masing-masing dari berbagai metode serangan musuh, peluang keberhasilan perang dan efek yang mungkin terjadi atas kapal. Kemungkinan mempertahankan berbagai tingkat pertempuran kemampuan, dan kemampuan bertahan hidup dapat dihitung. Kemampuan bertarung akan menjadi fungsi seperti mampu menghancurkan misil musuh yang masuk, Kontribusi setiap elemen kapal dan sistemnya untuk masing-masing kemampuan bertarung dicatat. Misalnya, untuk menghancurkan misil memerlukan beberapa radar deteksi dan klasifikasi, peluncur dan senjata, serta layanan listrik dan air dingin dan perintah sistem.
Menjaga Keselamatan Pribadi di Kapal
Keselamatan pribadi mencakup berbagai cara yang dapat diadopsi oleh pelaut untuk tetap aman pada tingkat individu, seperti pergerakan yang hati-hati di sekitar kapal, penanganan kargo berat, dll. Selain itu, penggunaan peralatan keselamatan yang tepat juga merupakan bagian dari keselamatan pribadi di kapal.
Pakaian Pelindung
Sangat penting untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan pas di atas kapal karena pakaian yang longgar dapat tersangkut di mesin dan menyebabkan cedera. Alas kaki yang tepat dengan sol tahan selip membantu meminimalkan risiko terpeleset dan harus dipakai setiap saat di kapal. Selain itu, mengenakan sarung tangan yang sesuai untuk melindungi kulit dari paparan panas, bahan kimia, ujung tajam, dll., adalah suatu keharusan.
Peralatan Pelindung
Alat pelindung diri termasuk helm keselamatan, sepatu, kacamata, penutup telinga, tali pengaman, jaket pelampung, rakit penyelamat, dll., yang digunakan untuk melindungi pelaut individu dari bahaya apa pun. Peralatan ini wajib bagi kapal untuk memastikan tidak ada korban jiwa karena kurangnya peralatan penyelamat jiwa. Awak juga perlu mengetahui di mana peralatan disimpan dan dilatih untuk mengetahui bagaimana semua peralatan harus digunakan.
Peralatan Keselamatan untuk Awak Kapal
Selain perangkat penyelamat pribadi yang digunakan di atas kapal, ada peralatan keselamatan untuk seluruh awak kapal, termasuk sekoci, alat pemadam kebakaran, pakaian pemadam kebakaran dan alat bantu pernapasan, peralatan medis darurat, dan sinyal marabahaya untuk memanggil bantuan.
Awak operasi harus terlatih dengan baik dalam menggunakan peralatan komunikasi dengan kesadaran akan semua protokol yang diperlukan. Selain itu, peralatan komunikasi harus diperiksa secara teratur untuk memastikannya berfungsi tanpa hambatan.
Pergerakan Kapal
Di kapal yang membawa muatan berat, peti kemas harus diikat dengan aman setiap saat. Gerakan kapal yang tiba-tiba dapat menyebabkannya terkilir jika tidak diikat dengan benar, yang dapat mengakibatkan cedera tubuh yang parah. Penting untuk selalu waspada terhadap bagian yang licin, pagar yang tidak dijaga, atau palka terbuka yang dapat menyebabkan orang jatuh. Saat berjalan di sekitar kapal dalam cuaca buruk, mantra ‘satu tangan ke kapal’ harus diikuti secara wajib agar tidak terlempar ke laut.
Penggunaan dan Penempatan Alat yang Tepat
Alat dan perlengkapan portabel harus dibawa dengan kedua tangan. Dalam hal menaiki atau menuruni tangga, peralatan harus dibawa dengan sabuk perkakas (jika praktis) atau di badan, membiarkan tangan bebas untuk pegangan yang kuat. Perkakas listrik portabel seperti bor dan peralatan las harus diperiksa sebelum dioperasikan dan harus digunakan hanya oleh profesional.
>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL SEPUTAR MARITIM LAINNYA!
Kontributor: Daris Arsyada
Sumber:
Tupper, E.C. 1996. Introduction to Naval Architecture 3rd Edition. Oxford: Butterworth-Heinemann.
https://www.shmgroup.com/blog/take-care-personal-safety-ships/#:~:text=Personal%20protective%20equipment%20includes%20safety,lack%20of%20life%2Dsaving%20appliances. (diakses pada tanggal 31 Desember 2022)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!