Komponen Belt (Sabuk) Pada Elemen Mesin
Empat jenis utama belt ditampilkan dengan beberapa karakteristiknya, ditunjukkan di Tabel 1. Katrol bermahkota digunakan untuk belt datar, dan katrol beralur, atau katrol, untuk belt bulat dan V. Timing belt membutuhkan roda bergigi, atau sprocket. Dalam semua kasus, sumbu katrol harus dipisahkan oleh jarak minimum tertentu, tergantung pada jenis dan ukuran belt, untuk beroperasi dengan benar. Karakteristik lain dari belt adalah:
- Mereka dapat digunakan untuk jarak tengah yang jauh.
- Kecuali untuk timing belt, ada beberapa slip dan creep, sehingga rasio kecepatan sudut antara poros penggerak dan poros penggerak tidak konstan atau sama persis dengan rasio dari diameter katrol.
- Dalam beberapa kasus, idler atau pulley tekan dapat digunakan untuk menghindari penyetelan di jarak pusat yang biasanya diperlukan oleh pemasangan sabuk baru.
Gambar 1 mengilustrasikan geometri penggerak belt datar terbuka dan tertutup. Untuk sebuah belt dengan penggerak ini tegangan sabuk sedemikian rupa sehingga melorot atau terkulai terlihat pada Gambar 2a, saat sabuk berjalan. Meskipun bagian atas lebih disukai untuk sisi sabuk yang longgar, untuk jenis sabuk lain baik bagian atas atau bawah dapat digunakan, karena tegangan terpasangnya biasanya lebih besar.
Sabuk datar terbuat dari uretan dan juga dari kain yang diresapi karet yang diperkuat dengan kawat baja atau tali nilon untuk menahan beban tegangan. Satu atau kedua permukaan dapat memiliki lapisan permukaan gesekan. Belt datar tidak berisik, efisien pada kecepatan tinggi, dan dapat mentransmisikan sejumlah besar daya melalui jarak pusat yang panjang. Biasanya, pada belting dibeli dengan gulungan dan potong dan ujungnya disambung dengan menggunakan kit khusus yang disediakan oleh produsen. Dua atau lebih sabuk datar berjalan berdampingan, bukan satu sabuk, sering digunakan untuk membentuk sistem konveyor.
Sabuk V terbuat dari kain dan tali, biasanya katun, rayon, atau nilon, dan diresapi dengan karet. Berbeda dengan sabuk datar, sabuk V digunakan dengan jumlah besar serupa dan pada jarak pusat yang lebih pendek. Sabuk V sedikit kurang efisien dibandingkan dengan sabuk datar, tetapi sejumlah dari mereka dapat digunakan pada satu jumlah besar, sehingga membuat beberapa drive. V belt dibuat hanya dalam panjang tertentu dan tidak ada sambungan.
Timing belt terbuat dari kain karet dan kawat baja dan memiliki gigi yang pas ke dalam alur yang dipotong di pinggiran sprocket. Timing belt tidak meregang atau slip dan akibatnya mentransmisikan daya pada rasio kecepatan sudut konstan. Fakta bahwa sabuk bergigi memberikan beberapa keunggulan dibandingkan sabuk biasa. Salah satunya adalah bahwa tidak diperlukan tegangan awal, sehingga drive pusat tetap dapat digunakan. Lainnya adalah penghapusan pembatasan kecepatan; gigi memungkinkan untuk berlari hampir kecepatan apapun, lambat atau cepat. Kerugiannya adalah biaya awal sabuk, kebutuhan untuk membuat alur sproket, dan fluktuasi dinamis yang menyertainya yang disebabkan pada frekuensi penyambungan sabuk bergigi.
>>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TENTANG ELEMEN MESIN LAINNYA!
Kontributor : Daris Arsyada
Sumber:
Budynas, Richard G dan J. Keith Nisbett. 2011. Shigley’s Mechanical Engineering Design: Ninth Edition. Amerika Serikat: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!