Pompa oli sepeda motor

Pompa oli sepeda motor berfungsi untuk memberi tekanan dan mendistribusikan atau mensirkulasikan oli keseluruhan komponen-komponen mesin sepeda motor. Oli disirkulasikan secara merata dengan debit yang telah ditetapkan sesuai standar untuk melumasi komponen-komponen mesin sehingga mampu bergerak dinamis tanpa terjadinya gesekan dan hambatan.

Sumber: https://bacabrosur.blogspot.com

Oli bekerja untuk melumasi dan melindungi komponen mesin dari keausan akibat pergerakan komponen-komponen bergesekan yang secara kontinu lama- kelamaan akan menimbulkan keausan, meredam panas dan getaran yang timbul dan dapat merusak fungsi kerja komponen mesin sepeda motor.

Salah satu komponen yang harus diperhatikan kebersihannya adalah filter oli. Filter oli yang tidak pernah diganti atau tidak bersih dapat menyebabkan masuknya zat kontaminasi yang bercampur dengan oli yang nantinya akan menghilangkan efektivitas kinerja daripada oli tersebut sehingga secara kontinu akan menyebabkan kerusakan pada pompa oli.

Oleh karena itu perawatan pada pompa oli dilakukan dengan mengecek dan membersihkan serta mengganti filter oli tersebut jika telah mengalami kerusakan. Pengecekan selanjutnya dilakukan pada komponen-komponen gear pompa oli. Jika gear mengalami keausan maka harus diganti dengan komponen gear lain sehingga efektivitas kinerja pompa dapat berfungsi maksimal kembali.

Selain keausan pada komponen gear, pompa oli juga dapatmengalami penyumbatan atau oli tidak dapat mengalir pada selang salurannya. Hal itu disebabkan oleh masuknya udara melalui selang yang mengakibatkan oli tidak dapat mengalir dengan lancar. Oleh karena itu pada saat pembersihan atau pengecekan, jangan gunakan udara bertekanan untuk membersihkan selang pompa oli.

Pengecekan pompa oli untuk mengetahui apakah mengalami kerusakan atau masih bekerja dengan normal dapat dilakukan dengan melakukan pembongkaran dan periksa lubang kecil pada saluran oli, jika olinya tidak mampu mengalir keluar dari saluran tersebut maka dapat dipastikan pompa oli tersebut mengalami kerusakan sehingga oli tidak dapat mengalir ke bagian silinder head.

Pompa oli merupakan komponen yang sangat penting sebagai sumber pengontrolan oli keseluruhan bagian-bagian mesin lainnya. Ibarat darah dalam tubuh yang harus disuplai keseluruhan organ tubuh lainnya, maka begitu pula sepeda motor.

Jika pompa oli tidak bekerja normal atau mengalami kerusakan, otomatis seluruh komponen mesin akan bekerja tanpa adanya suplai dan pelumasan sehingga mengakibatkan keausan, kelebihan panas atau overhaul akibat komponen yang saling bergesekan. Dan lebih parahnya lagi seluruh komponen dapat mengalami kerusakan fatal dan mesin mati total.

Oleh karena itu lakukan perawatan dengan membersihkan pompa oli dari zat- zat pengotor yang menutupi atau menyumbat saluran mengalirnya oli ke komponen lainnya.

Untuk artikel-artikel lainya terkait motor bakar, klik di sini.

KONTRIBUTOR: Rizki Maulizar (rizkimaulizar23@gmail.com)

By Caesar Wiratama

aeroengineering_services merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Sumber: https://bacabrosur.blogspot.com/2018/08/fungsi-pompa-oli-komponen-dan-cara- kerjanya.html?m=1 (Diakses pada 25 Januari 2021)

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id +62 821-3868-4162

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *