simulasi Computational fluid dynamics (CFD) pada boiler

Pada industri proses seperti pengolahan bahan-bahan kimia yang membutuhkan suhu tinggi, atau bahkan untuk pembangkit listrik yang membutuhkan turbin uap (steam turbine) untuk memutar generator, sering kali digunakan boiler untuk merubah fasa fluida (yang biasanya air) yang tadinya liquid menjadi steam dengan temperatur dan tekanan yang tinggi.

Ada cukup banyak jenis, model dan variasi konfigurasi yang ada di industri dengan keunggulan dan kelemahanya masing-masing tergantung dengan penggunaanya. Karena variasinya yang cukup luas tersebut, maka pemilihan konfigurasi dan perhitungan kondisi operasional yang tetap harus dilakukan dengan baik.

Salah satu metode yang cukup berkembang karena kelebihanya untuk menganalisis kondisi aliran fluida dengan input yang bisa dikatakan tanpa batas, mulai dari modifikasi geometri hingga ke kondisi operasionalnya (mass flow rate, pressure, karakteristik termal, bahkan material fluidanya) adalah Computational Fluid Dynamics (CFD). Metode ini memanfaatkan kemampuan komputer untuk memodelkan fenomena yang terjadi dalam boiler dengan komprehensif sehingga dapat diperoleh solusi-solusi yang sangat komprehensif pula, seperti misalkan distribusi kecepatan, tekanan, temperature, atau bahkan distribusi kandungan kimia pada emisi pembakaran dan distribusi pasir pada model fluidized bed.

simulasi CFD pada boiler

Menggunakan data-data di atas, kita dapat dengan mudah mengevaluasi performa dari boiler tersebut, bahkan dengan insight yang lebih mendalam. Sebagai contoh, kita dapat mengetahui di mana lokasi panas yang paling tinggi di dinding air (water wall) sehingga kita dapat menduga terdapat overheating pada bagian tersebut, atau melihat apakah emisi gas yang terbuang sudah terbakar dengan baik.

Untuk topik-topik terkait CFD lainya, anda dapat klik di sini

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id +62 821-3868-4162

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *