Komponen utama pesawat terbang yang menghasilkan gaya angkat adalah sayap. Prinspip kerja sayap adalah sebagai berikut, udara yang mengalir dibawah sayap lebih lambat daripada dibagian atasnya dikarenakan jalur yang dilewati udara diatas sayap lebih jauh, perbedaan kecepatan tersebut menghasilkan perbedaan tekanan (untuk lebih detailnya baca di artikel lift dan drag) yaitu tekanan dibawah sayap lebih tinggi dari pada tekanan diatas sayap, yang mana mengakibatkan pesawat terangkat keatas.
![]() |
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fe/Airplane_vortex_edit.jpg |
Tentu saja kita ketahui bahwa udara mengalir dari tekanan rendah ke tekananan tinggi, misalkan balon yang kita tiup akan menyemburkan udaranya keluar ketika kita lepaskan karena tekanan
didalam balon lebih tinggi dari tekanan luar balon. Hal tersebut juga terjadi pada perbedaan tekanan antara bagian bawah dan atas sayap, tepatnya terjadi pada ujung sayap (wing tip). Aliran udara dari bawah ke atas sayap pada ujung sayap menghasilkan aliran udara yang berputar dengan cepat pada ujung sayap yang disebut juga dengan tip vortex. Aliran ini dapat meningkatkan drag pada sayap, menurunkan gaya angkat dan mengganggu aliran udara.
![]() |
http://www.boldmethod.com/learn-to-fly/aerodynamics/winglets-and-wingtip-vortices/ |
![]() |
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c2/Embraer_190_-_Wing_and_winglet.jpg |
Efek dari winglet tersebut sebenarnya sama dengan meningkatkan aspect ratio (perbandingan span dengan chord sayap), semakin tinggi aspect ratio maka efek wing tip vortex akan semakin mudah diantisipasi, tetapi tentu saja penambahan aspect ratio akan meningkatkan beban pada sayap dan mudah patah, disamping itu pada pesawat penumpang, bentang sayap dibatasi oleh regulasi di bandara, sehingga tidak memungkinkan membuat pesawat memiliki sayap sangat panjang.

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah PT Markom Teknologi Engineering dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.
Author: Caesar Wiratama
caesar@aeroengineering.co.id
+62 821-3868-4162
mantab
apa efeknya jika tidak menggunakan winglet?
Untuk pesawat berukuran kecil atau memang lebih dominan manuver, sebaiknya malah jangan menggunakan winglet
pesawat ini apakah cara terbangnya sama atau ada yang berbeda..?
namun memang rata pesawat pas berangkat samakah carak tempuhnya..?
With thanks! Valuable information!
With thanks! Valuable information!
With thanks! Valuable information!
With thanks! Valuable information!
With thanks! Valuable information!
nice artikel
apa manfaat yang didapatkan?
Great delivery. Great arguments. Keep up the great effort.|
winglet ada karena pesawat biar keren saja
SUdah dijelaskan fungsi dari winglet pada artikel ini