SOFTWARE CUSTOM CFD DEDICATED

Computational Fluid Dynamics (CFD) adalah metode penyelesaian kasus-kasus mekanika fluida dan perpindahan kalor yang dilakukan dengan permodelan komputer, sehingga dapat memodelkan secara lebih komprehensif dibandingkan dengan metode analitis, dan dapat menggantikan metode eksperimen yang memakan banyak biaya, waktu, tenaga, serta lebih fleksibel dan tidak beresiko untuk pengujian-pengujian yang membutuhkan interaksi dengan manusia.

Salah satu produk yang ditawarkan oleh Velocity engineering adalah Velocity_CFD, yaitu software computational fluid dynamics (CFD) yang dibuat secara khusus berdasarkan kebutuhan dari klien.

Kenapa harus custom?

  1. Didesain khusus untuk satu kebutuhan tertentu, sehingga user tidak perlu terlalu banyak mempelajari fitur-fitur yang tidak berhubungan dengan project yang dihadapi. Hal ini akan mempersingkat siklus waktu proses desain.
  2. Software dapat digunakan oleh operator tanpa penguasaan ilmu CFD yang terlalu ekspert, sehingga meminimalisir biaya tenaga profesional atau konsultan.
  3. Tidak perlu melakukan validasi untuk setiap kasus yang dirancang, karena telah dilakukan validasi dengan setingan-setingan yang terdedikasi pada kasus tersebut.
  4. Biaya lisensi yang cukup mahal untuk software-software CFD dengan kapabilitas penuh. Pada praktiknya, alasan inilah yang cukup signifikan bagi sebagian besar user.

Pengembangan software yang kami lakukan meliputi:

  1. Definisi kasus yang sedang dihadapi klien dan output yang diharapkan
  2. pembuatan user interface serta penyusunan solver CFD yang digunakan
  3. Instalasi pada komputer klien
  4. Troubleshooting permasalahan yang mungkin terjadi saat penggunaan
  5. Update dan modifikasi software jika dibutuhkan

Secara umum, proses simulasi CFD meliputi beberapa langkah sebagai berikut (1) pembuatan geometri, (2) meshing, (3) proses komputasi, (4) post processing. Kami dapat memberikan solusi untuk keempat proses tersebut sesuai kebutuhan klien.

Berikut adalah contoh user interface yang kami kembangkan untuk beberapa kasus:

proses meshing impeler pompa menggunakan SALOME
contoh user interface setingan kasus HVAC
post processing kasus desain mobil F1 menggunakan paraView

Jangan ragu hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut:

HP : 0815-4806-5205

email : caesarwiratama@gmail.com

Velocity consulting merupakan jasa layanan dibawah aeroengineering dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.