PEMBUATAN WIND TUNNEL FIBERGLASS

Perkembangan industri dirgantara dan otomotif kian pesat dan menjadi trend riset di kalangan instansi riset pemerintah maupun universitas. Salah satu riset aerodinamika yang sangat mudah dan efektif adalah menggunakan perangkat uji berupa wind tunnel atau terowongan angin.

Wind tunnel adalah seperangkat alat uji yang mensimulasikan aliran udara di sekitar object yang bergerak melalui udara menggunakan model yang diam namun dibuat seakan-akan udara yang bergerak relatif terhadapnya. Atau bisa juga model yang diam namun udara yang bergerak terhadapnya seperti gedung-gedung atau jembatan.

Karena model yang dibuat biasanya lebih kecil dibandingkan object aslinya, untuk mempertahankan fenomena aliran sesuai kondisi aslinya, perlu disamakan parameter aliran reynold number, RE, yaitu rasio antara komponen gaya dinamis terhadap gaya viskos.

Konsekuensi dari penyamaan bilangan reynold tersebut adalah ketika model diperkecil, maka kecepatan udara harus di perbesar. Misalkan pesawat terbang dengan panjang 10 meter jika dibuat model 1 meter, maka, misal kecepatan aslinya 10 m/s haruslah dibuat menjadi 100 m/s untuk mempertahankan fenomena fisik yang terjadi dalam wind tunnel. Karena alasan inilah wind tunnel menjadi menantang untuk dibuat, kecepatanya harus cukup tinggi dan aliranya harus “bersih”. Sehingga simulasi aliran udara menggunakan kipas angin biasa dari depan object tidaklah cukup. Perlu dibuat bagian-bagian seperti blower, difuser, inlet, pelurus udara dan lain sebagainya, lebih lengkap dibahas disini.

Kami melayani pembuatan wind tunnel dengan bahan fiberglass sesuai spesifikasi dan ukuran yang anda butuhkan, baik untuk penelitian skala kecil ataupun skala besar.

wind_tunnel_mini_custom_fiberglass_cv_markom

Hubungi kami segera

HP : 0815-4806-5205 (WA/SMS/Telp)

email : caesar@aeroengineering.co.id

 

CV. MARKOM LOGO

CV. MARKOM