JASA PEMBUATAN MODEL 3D UNTUK VIRTUAL REALITY (VR) ATAU AUGMENTED REALITY (AR)

Perkembangan dunia digital yang begitu cepat telah banyak sekali merubah kehidupan umat manusia. mulai dari gadget yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari hingga proses industrialisasi yang cukup masif misalkan untuk management keuangan hingga desain dan simulasi engineering.

Salah satu teknologi yang cukup booming saat ini adalah membawa manusia ke dalam dunia digital yaitu menggunakan perangkat virtual reality (VR) atau bahkan kita dapat mengubah kondisi digital tersebut sesuai yang kita inginkan dengan interaksi fisik dunia nyata yang dikenal juga dengan istilah augmented reality (AR). Perangkat-perangkat baik keras maupun lunak tersebut dapat membuat kita seakan-akan berada di lokasi lain dengan suasana yang sangat nyata, baik visual, suara maupun gerakan tubuh kita.

Teknologi ini cukup banyak digunakan untuk keperluan-keperluan seperti misalnya penjualan properti, karena klien ingin “melihat secara langsung” properti yang ada dan terkadang ada terlalu banyak opsi lokasi yang terlalu lama jika harus berkunjung satu persatu dengan transportasi. Menggunakan teknologi ini, para pengusaha properti dapat dengan mudah memperlihatkan properti yang mereka jual dengan sangat detail dan merasakan suasana di dalam ruangan tersebut tanpa harus langsung ke lokasinya.

Kemudian, untuk training safety perusahaan-perusahaan besar yang pekerjaanya memiliki resiko yang sangat tinggi jika harus “training” langsung di lapangan, misalkan untuk pemadaman kebakaran, troubleshooting mesin-mesin besar atau proses kimiawi. Dengan menggunakan bantuan virtual ini, para calon pekerja dihadapkan dengan masalah yang “nyata” dan realtime sehingga mendapatkan gambaran seutuhnya dari kondisi yang sedang dipelajari, sehingga mendapatkan insight yang lebih mendalam: tentu saja menggunakan teknologi ini, tidak mungkin akan ada resiko cidera atau bahkan korban jiwa.

Di industri manufaktur atau proses, teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk menggelar training pengenalan mesin-mesin produksi baru yang cukup besar atau terlalu berbahaya jika langsung bersentuhan fisik dengan mesin tersebut baik untuk operasionalnya maupun maintenance (bongkar/pasang) komponen-komponen detailnya. Selain itu, tidak jarang juga teknologi ini digunakan untuk tujuan edukasi proses-proses yang kompleks secara 3D dan realtime misalkan untuk menunjukkan aliran-aliran fluida yang terjadi dalam perpipaan, cara kerja pompa, fan atau bahkan boiler.

Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan permodelan 3D virtual reality yang pernah kami kerjakan:

Gambaran model boiler pada bagian bawah untuk mengajak peserta training “berkeliling” di sekitar boiler
Model bagian dalam boiler untuk memfisualisasikan aliran fluida pada tubing heat exchanger
model ID fan untuk training maintenance bongkar/pasang operator maintenance baru

Kami juga melayani pembuatan model-model CAD maupun animasi untuk presentasi engineering anda. Selengkapnya cek di sini. Sedangkan untuk simulasi untuk perhitungan aliran fluida atau perpindahan panas menggunakan CFD klik di sini, dan untuk analisis struktur menggunakan FEA klik di sini.

Hubungi kami melalui:

HP:  0815-4806-5205 (Telp/WA)

(Profile Caesar Wiratama)

Email : caesarwiratama@gmail.com