HAL-HAL YANG HARUS ANDA PERHATIKAN SAAT PEMASANGAN PAGAR

Di desa-desa dengan lahan yang masih luas, sering kali pagar pembatas antar-lahan dapat dibuat dengan tanaman yang memanjang. Namun, pada daerah-daerah perkotaan dengan lahan terbatas serta kebutuhan akan keamanan dan privasi yang lebih, dibutuhkan desain pagar yang lebih kuat dan tinggi seperti pagar baja. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal yang perlu anda ketahui saat pemasangan pagar.

Pada jaman dahulu, hanya orang-orang yang sangat kaya atau kerajaan yang mampu memasang pagar besi (yang biasanya dibuat dengan cara cor) dengan ornamen-ornamen yang indah yang hanya dapat dikerjakan oleh pengrajin-pengrajin besi tertentu, sehingga banyak model pagar besi yang terinspirasi dari era Viktorian ketika banyaknya produksi pengecoran baik pagar maupun ornamen ujung-ujungnya. Namun, dewasa ini, sudah tersedia sangat banyak material dan desain pabrikan untuk ornamen-ornamen tersebut tinggal dirangkai dengan mudah oleh workshop-workshop pengelasan yang bisa mengerjakanya.

ilustrasi pagar besi hollow (tubular)

BIAYA PEMASANGAN

Biaya pembuatan dan pemasangan pagar besi sangatlah bervariasi, mulai dari material yang digunakan (besi hollow, besi tempa, dll) hingga spesifikasi dari dimensinya seperti ketebalan, kerapatan serta kerumitan motif nya. Secara umum harga pagar besi ini berkisar antara 300-600rb/m2 sehingga panjang dan tinggi pagar anda akan sangat mempengaruhi. Oleh karena itu, anda membutuhkan produsen yang terpercaya yang dapat memberikan solusi optimal sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

PASANG SENDIRI ATAU DENGAN AHLINYA?

Jika anda berfikir untuk hemat, pada umumnya anda berpendapat untuk memasang sendiri pagar anda agar tidak perlu membayar lebih untuk tenaganya. Hal tersebut tidaklah salah, dengan catatan anda memahami betul seluk beluk pemasanganya baik dari segi kerapihan maupun keawetanya jangka panjang. Jika instalasi yang anda lakukan tidaklah sesuai, maka anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan atau perawatan jangka panjangnya atau bahkan penggantian total, yang justru akan menjadi lebih mahal dari membayar ahlinya.

BEBERAPA VARIASI MATERIAL

Anda dapat memilih beberapa variasi material tergantung dari detail yang anda butuhkan, budget yang anda miliki dan berapa biaya perawatanya karena tingkat keawetanya akan berbeda-beda.

1. Besi Hollow

    Material ini biasanya dilas antara satu batang dengan batang yang lain serta dipercantik dengan ornamen-ornamen yang dilas pada ujung-ujungnya atau dilas pada lokasi-lokasi tertentu. Pemasanganya dapat dilakukan dengan dibaut pada dinding dan lantai. Material ini relatif kuat untuk menahan beban yang berat. Kelemahan dari material ini adalah bisa berkarat terutama jika proses coatingnya tidak baik, selain itu kualitas detail dari material in isangat dipengaruhi oleh weldernya terutama pada bagian-bagian sambungan, sehingga welder atau workshop yang bereputasi baik diperlukan saat memilih material ini.

2. Aluminium Hollow

Cara pembentukanya mirip dengan pagar besi namun cara menyambungnya dengan cara dibaut atau dirivet. Material ini memiliki keunggulan tidak dapat berkarat. Kelemahan dari material ini adalah kekuatanya tidak sekuat pagar besi serta sambungan-sambungan bautnya akan terlihat sehingga mengurangi detail estetikanya. Detail ornamenya juga relatif kurang estetik karena terbuat dari bahan yang tidak terlalu solid.

3. Baja padat

Berbeda dengan baja hollow, material ini terdiri dari baja yang pejal dan pembuatanya biasanya dilakukan dengan cara machining dan dilas untuk menyambungnya. Dengan baja yang pejal, material dapat di-twist untuk menghasilkan detail yang menarik. Material ini juga relatif lebih kuat dan solid dibandingkan dengan baja hollow namun tentu saja lebih berat dan mahal (dengan ukuran yang sama).

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal-hal terkait pemasangan pagar besi, anda dapat klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.