roda gila (flywheel)

Roda gila atau flywheel adalah sebuah roda yang berfungsi untuk menyimpan tenaga putar dari poros engkol sehingga poros engkol atau kruk as dapat terus berputar untuk menggerakkan piston pada langkah-langkah selanjutnya.

Poros engkol menerima tenaga putar dari torak pada saat langkah usaha. Pada langkah ini torak didorong menuju TMB akibat dari tekanan dan temperatur yang tinggi yang berasal dari proses pembakaran antara percikan bunga api dari busi dan campuran udara dengan bahan bakar.

Torak yang didorong kebawah memberikan tenaga putar pada poros engkol atau kruk as. Gaya putar tersebut disimpan pada alat transmisi roda gila untuk menggerakkan poros engkol pada langkah-langkah kerja berikutnya.

Tenaga putar pada poros engkol akan hilang akan momen inersia atau gesekan dan kelembaman yang terjadi sehingga dibutuhkan roda gila atau flywheel untuk menyimpan dan meredam gesekan dan kelembaman momen inersia tersebut.

Momen inersia adalah tingkat kelembaman suatu benda untuk tetap berotasi pada porosnya. Hal ini terdiri dari momentum, momen putar dan sudut putar pada benda tersebut artinya benda tersebut cenderung untuk menolak berotasi pada porosnya maka dikatakan terjadi gesekan sehingga dibutuhkan suatu peredam untuk mengatasi hal tersebut.

Oleh karena itu, tenaga putar yang disimpan pada flywheel atau roda gila akan terus memberikan gerak translasi atau gerak naik dan turunnya piston melalui batang penggerak pada saat melakukan kinerja atau langkah kerja engine.

Gerak translasi atau gerakan naik dan turunnya piston melalui batang penggerak harus dilakukan secara terus menerus untuk melakukan langkah kerja mesin.

Gerak translasi tersebut diubah menjadi gerak putar melalui poros engkol untuk disimpan pada roda gila, kemudian roda gila menyimpan dan menggerakkan kembali poros engkol agar langkah kerja engine dan piston dapat bekerja secara terus menerus selama mesin dihidupkan sehingga sepeda motor dapat terus bergerak.

Sama halnya dengan komponen-komponen mesin sepeda motor lainnya, roda gila atau flywheel ini juga dibuat dan difabrikasi dengan material dengan kelayakan uji mampu menahan gesekan dan menyimpan tenaga putar dengan kecepatan dan sudut putar tertentu.

Untuk artikel-artikel lainya terkait motor bakar, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Sumber gambar: https://www.teknik-otomotif.com/2016/09/fly-wheel-atau-roda-gila.html?m=1 (Diakses pads 18 September 2020)

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id 0815-4806-5205

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *