Valve (Klep/katup)

Valve atau biasa disebut klep atau katup merupakan komponen yang dipasang pada kepala silinder. Komponen ini memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam proses pembakaran engine sepeda motor.

Klep ini terdiri dari dua yang terpasang pada kepala silinder yaitu katup hisap dan katup buang. Kedua katup ini bekerja pada langkah kerja engine atau pada langkah kerja piston.

Kedua katup atau klep ini akan membuka dan menutup sesuai langkah kerja piston. Klep ini biasanya digunakan motor 4 tak sedangkan pada motor 2 tak tidak menggunakan klep.

Langkah kerja piston terdiri dari langkah hisap, pada langkah ini udara dan bahan bakar dihisap masuk ke ruang bakar, klep atau katup hisap atau biasa disebut juga katup masuk pada langkah hisap ini akan terbuka sehingga semburan campuran bahan bakar dan udara dapat masuk ke ruang bakar melalui katup masuk/hisap.

Langkah kerja piston kedua adalah langkah kompresi, pada langkah ini piston memberikan kompresi pada campuran bahan bakar dan udara. Pada proses ini kedua katup akan tertutup sehingga tidak terjadi kebocoran gas dari ruang pembakaran atau silinder.

Langkah ketiga merupakan langkah usaha, pada langkah ini terjadi proses pembakaran sehingga temperatur dan tekanan pada proses ini sangat tinggi. Kedua katup pada proses ini juga tertutup.

Dan langkah terakhir adalah langkah buang, pada proses ini gas-gas sisa pembakaran yang tidak dibutuhkan akan dibuang melalui katup buang yang nantinya akan dibuang melalui knalpot. Pada proses ini katup hisap tertutup dan katup buang terbuka.

Maka dapat disimpulkan bahwa katup/valve/klep berfungsi untuk mengatur masuknya gas baru berupa semburan bahan bakar dan udara dan mengatur keluarnya gas sisa pembakaran.

Semburan bahan bakar dan udara diatur dan diproses melalu karburator dengan rasio tertentu. Karburator mengatur jumlah atau kadar gas yang masuk ke ruang bakar sehingga gas yang masuk ke ruang bakar tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Pada umumnya, perawatan pada katup ini dilakukan dengan cara dibersihkan dari kerak atau kotoran yang menempel pada klep. Pada beberapa kasus kerusakan yang parah maka klep ini harus diganti dengan yang baru.

Untuk artikel-artikel lainya terkait motor bakar, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

KONTRIBUTOR: Rizki Maulizar (rizkimaulizar23@gmail.com)

Sumber gambar:
https://www.autoexpose.org/2019/01/fungsi-katup.html?m=1 (Diakses pada 18 September 2020)

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id 0815-4806-5205

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *