tray dryer (alat pengering)

Tray dryer merupakan alat pengering buatan yang digunakan untuk mengeringkan beberapa jenis buah-buahan dan makanan.

Proses pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air yang terkandung dalam buah-buahan dan makanan sehingga menghambat proses pembusukan.

Tray dryer tersusun atas rak-rak bertingkat yang bersirkulasi panas dan udara melalui blower. Udara panas yang masuk dihembuskan secara zig-zag dan seragam ke segala arah menggunakan blower.

Energi panas berasal dari panas pembakaran yang dilakukan secara manual atau menggunakan energi listrik yang dikonversikan menjadi energi panas.

Komponen-komponen tray dryer terdiri ventilasi masuknya udara, rak bertingkat yang berlubang-lubang dengan ukuran yang disesuaikan dengan bentuk buah dan makanan yang dikeringkan, corong dan ventilasi keluarnya udara basah.

Ilustrasi mesin pengering

Kandungan air pada makanan atau buah bersirkulasi dengan udara panas dikonversikan menjadi uap air atau udara basah dan bergerak keluar melalui corong atau ventilasi keluarnya udara basah.

Aliran udara masuk dengan mass flow rate dalam kg/s dan kecepatan udara yang mengalir melalui dinding-dinding dan sekat-sekat yang berfungsi untuk menyeragamkan panas, agar setiap bagian makanan dan buah-buahan terdistribusi panas dengan merata.

Panas yang bersirkulasi dengan udara diatur dengan temperatur tertentu dalam °C yang sesuai dengan kadar air dan tingkat pengeringan yang dibutuhkan.

Alat pengering (tray dryer) dirancang dengan struktur dan rangka yang efisien, sederhana dan minimalis dilapisi dengan material atau plat yang tahan dengan temperatur tinggi dan tidak mengandung zat yang dapat terkontaminasi dengan buah atau makanan yang dikeringkan.

Perhitungan efisiensi dan energi termal yang dihasilkan, dilakukan pengujian yang tepat untuk mengetahui keberhasilan dari udara panas dengan bahan yang dikeringkan dengan hasil yang optimal.

Untuk artikel-artikel lainya terkait mesin pengolahan pangan dan pertanian, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Kontributor: Rizki Maulizar

Email: rizkimaulizar23@gmail.com

Sumber Gambar: https://autogarment.com/air-tray-dryer-unit/amp/ (Diakses pada 11 Juli 2020)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *