mesin pengupas kelapa

Kelapa adalah tanaman hasil perkebunan yang multifungsi dimana semua bagian dari buah kelapa dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi produk dengan nilai jual yang tinggi.

Langkah awal dalam proses pengolahan kelapa adalah pengupasan atau pemisahan kulit kelapa dan tempurung kelapa. Untuk skala kecil proses pengupasan biasanya dilakukan secara manual dengan menggunakan parang dan peralatan manual lainnya, proses tersebut membutuhkan waktu yang lama mengingat struktur kulitnya yang keras.

Namun untuk kebutuhan skala besar atau skala industri, proses pengupasan dan proses pemotongan sangat tidak efisien dan tidak akan terorganisir dengan baik semua proses kerja tersebut sehingga dibutuhkan mesin yang dapat mengerjakan setiap proses-proses tersebut.

ilustrasi mesin pengupas kelapa

Proses Kerja Mesin Pengupas Kelapa

Secara teknis, proses kerja mesin pengupas kelapa sama dengan mesin pengupas lainnya, yaitu motor penggerak meneruskan daya melalui alat transmisi untuk menggerakkan roller atau poros pemutar yang terpasang mata pisau pengupas.

Motor penggerak yang digunakan biasanya motor bensin, motor diesel dan motor listrik.

Motor bensin adalah motor yang pembakarannya terjadi akibat percikan api pada udara dan bahan bakar bensin secara bersamaan.

Motor diesel adalah motor yang pembakarannya terjadi akibat kompresi dan injeksi bahan bakar solar.

Motor listrik adalah motor yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Daya didistribusikan menggunakan transmisi sabuk (V-Belt) dan puli menggerakkan poros pemutar pisau pengupas. Pada dudukan kelapa dipasang ulir pengunci supaya kelapa tidak terpental saat proses pengupasan dan pemotongan dilakukan.

Ada beberapa mesin yang digunakan dalam pemanfaatan pengolahan kelapa yaitu mesin pengupas serabut kelapa, mesin pemotong kelapa muda, mesin pengupas atau pemotong tempurung kelapa.

Pada pengolahan serabut kelapa ada beberapa mesin yang digunakan yaitu mesin pemintal serat serabut kelapa dan beberapa mesin lainnya dengan proses kerja mesin yang sama namun spesifikasi dan dimensi mesin yang berbeda serta penggunaan penggerak dan pisau atau pemotong yang digunakan berbeda sesuai proses yang dikerjakan.

Proses perancangan dan pembuatan mesin pengupas kelapa

Teknologi digital dan manufaktur yang berkembang pesat semakin memudahkan dalam mendesain sketsa dan merancang gambar kerja, spesifikasi dan dimensi yang dibutuhkan mesin agar dapat berfungsi optimal. Merangcang dan mensimulasikan secara virtual dapat meminimalisir kesalahan atau cacat produksi pada mesin.

Menganalisis kebutuhan peralatan dan bahan yang memiliki sifat-sifat material dan sifat- sifat mekanik yang sesuai dengan struktur rangka dan kinerja pada mesin yang sedang dirancang.

Proses pembuatan rangka dan komponen-komponen pada mesin dilanjutkan dengan perakitan setiap komponen-komponen mesin pengupas kelapa dan lakukan proses pengujian dan perbaikan jika terdapatnya beberapa kesalahan dalam proses manufaktur.

Untuk artikel-artikel lainya terkait mesin pengolahan pangan dan pertanian, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Kontributor: Rizki Maulizar

Email: rizkimaulizar23@gmail.com

Sumber Gambar: http://madani-shop.blogspot.com/2019/03/mesin-pengupas-serabut- kelapa.html?m=1 (Diakses 11Juli 2020)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *