mesin pengering tepung (ROTARY DRYER)

Secara tradisional proses pengeringan tepung dilakukan dengan memanfaatkan energi panas dari energi matahari. Proses ini membutuhkan waktu selama beberapa hari. Tanpa pengeringan yang tepat, tepung akan mengalami pembusukan bakteri akibat kadar air yang masih tersisa.

Ada beberapa spesifikasi dan jenis mesin pengering yang digunakan salah satunya mesin rotary dryer.

Rotary dryer adalah alat pengering yang berfungsi mengurangi kadar dari bahan padat berupa serbuk dan tepung.

https://tokomesinmakassar .co.id

Alat ini dirancang berbentuk silinder yang dipasang pada penyangga dengan sudut dan kemiringan tertentu.

Rotary dryer berputar dengan kecepatan tertentu dalam rpm yang berfungsi untuk mensirkulasikan panas secara seragam pada serbuk dan tepung.

Ilustrasi rotary dryer

Silinder berputar pada kemiringan tertentu, serbuk dan tepung bergerak dengan sendirinya menuju bagian output sehingga otomatis tanpa harus menggunakan tenaga manual.

Komponen-komponen utama mesin rotary dryer adalah motor penggerak, blower, pemanas (heater), silinder rotary dryer, penyangga dan alat transmisi.

Udara panas dengan temperatur dan mass flow rate tertentu yang dihasilkan melalui proses gasifier atau heater (alat pemanas), disirkulasikan secara seragam menggunakan blower.

Motor penggerak berfungsi memberikan gaya gerak pada alat transimisi sehingga poros pemutar silinder dapat berputar dengan kecepatan tertentu sesuai spesifikasi mesin.

Output yang dihasilkan berupa bahan atau serbuk tepung yang kering dan uap udara basah dari proses perpindahan panas secara konveksi antara panas dan kadar air pada bahan makanan yang dikeringkan.

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Kontributor: Rizki Maulizar

Email: rizkimaulizar23@gmail.com

Sumber: https://tokomesinmakassar.co.id/blog/pemanfaatan-mesin-pengering-tepung- untuk-mempermudah-proses-pengeringan-tepung/ (Diakses pada 11 Juli 2020)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *