mesin pemotong padi

Indonesia adalah negara agraris yang memiliki lahan persawahan yang sangat luas. Padi merupakan tanaman dengan proses tanam dan pemanenan yang dilakukan secara serentak.

Di beberapa daerah, proses panen dilakukan secara tradisional dengan menggunakan alat manual seperti sabit.

Dengan lahan yang luas dan proses panen yang harus dilakukan dengan cepat. Maka dibutuhkan tenaga yang lebih besar dan biaya operasional yang tinggi sehingga jika diperhitungkan pendapatan petani per panen hanya cukup untuk biaya operasionalnya tanpa keuntungan yang diperoleh.

Mesin pemotong padi bekerja secara efisien, mempercepat proses panen serta mengurangi biaya operasional serta meningkatkan pendapatan per panen.

Ilustrasi mesin pemotong padi

Cara kerja mesin pemotong padi

Secara teknis, proses kerja mesin pemotongan padi dilakukan oleh mata pisau pemotong yang berotasi dengan kecepatan putar yang telah ditentukan pada mesin tersebut.

Seiring perkembangan teknologi, mesin pemotong padi berinovasi lebih lengkap dan lebih fleksibel dengan menggabungkan (combine) mesin pemotong dan perontok padi sekaligus.

Sistem penggerak yang digunakan berbeda-beda pada setiap mesin seiring perubahan dan inovasi yang terus dilakukan, yaitu tenaga engine dalam horse power, sistem dorong dan sistem kemudi.

Energi mekanik yang dihasilkan engine diteruskan oleh alat transmisi sehingga mengubah gerak roller dan mata pisau pemotong menjadi kecepatan putar dengan rpm tertentu sesuai standar perancangan yang telah ditentukan.

Setiap mesin memiliki konstruksi, spesifikasi dan dimensi yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi, penggunaan dan inovasi pada alat dan mesin tersebut.

Mesin pemotong padi combine menggabungkan dua proses kerja yaitu proses pemotongan dan proses perontokan padi. Mesin ini bekerja dengan mengoperasikan mata pisau pada jarak dan kecepatan pemotongan tertentu dan selanjutnya padi hasil pemotongan dirontokkan oleh gigi-gigi yang terpasang pada bagian dalam mesin dan ditampung dalam suatu bak yang berfungsi menampung padi yang telah dirontokkan.

Untuk artikel-artikel lainya terkait mesin pengolahan pangan dan pertanian, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Kontributor: Rizki Maulizar

Email: rizkimaulizar23@gmail.com

Sumber Gambar: https://amp.kompas.com/money/read/2019/06/11/080000526/hadapi-industri-4.0- kementan-siapkan-mesin-pemanen-dari-negeri-sakura (Diakses pada 11 Juli 2020)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *