mesin pemecah biji kopi

Kopi merupakan salah satu tanaman hasil perkebunan dengan komoditas ekspor terbesar di Indonesia. Didaerah-daerah penghasil kopi sekarang ini tentunya mereka tidak lagi menggunakan cara manual dalam proses pengupasan dan pemisahan biji kopi. Mengingat banyaknya permintaan biji kopi, teknologi dan pengetahuan yang canggih yang telah berkembang saat ini tentunya tidak akan teroganisir jika pengupasan dan pemisahan kulit dan biji kopi dilakukan secara manual dan terpisah.

Mesin pemecah biji kopi terdiri dari mesin pemecah biji kopi basah atau purple dan mesin pemecah biji kopi kering.

Mesin pemecah biji kopi basah (purple) adalah mesin yang mengupas kulit dan biji kopi yang masih muda dan berstruktur basah dan pengeringannya menggunakan mesin.

Mesin pemecah biji kopi kering (huller) adalah mesin yang mengupas kulit dan biji kopi yang berstruktur kering.

Ilustrasi mesin pemecah biji kopi

Prinsip kerja mesin pemecah biji kopi

Komponen-komponen pada mesin pemecah biji kopi terdiri dari hopper, poros atau roller dan pisau pengupas, saluran pemisah kulit dan biji kopi, alat transmisi, motor penggerak dan blower.

Buah kopi yang dimasukkan melalui hopper pada bagian atas mesin diproses menggunakan pisau yang terpasang pada poros atau roller yang berputar dengan kecepatan dalam rpm sesuai spesifikasi, dimensi dan daya putar dalam horse power.

Proses ini merupakan proses pengupasan kulit dan biji kopi. Selanjutnya blower digunakan untuk memisahkan kulit dan biji kopi secara otomatis tanpa perlu memisahkan satu persatu secara manual.

Dengan adanya gaya gravitasi, biji kopi lebih berat dari kulitnya berjalan kebawah melalui saluran pertama dan kulit kopi dihembuskan menggunakan blower menuju saluran kedua.

Alat transmisi yang digunakan sebagai pemindah daya pada mesin ini menggunakan sabuk, puli dan motor penggerak.

Proses pembuatan mesin pemecah biji kopi

Langkah awal proses pembuatan mesin pemecah biji kopi adalah menganalisis kebutuhan peralatan dan material yang akan digunakan. Selanjutnya mendesain dan merancang gambar atau sketsa mesin.Teknologi digital yang canggih saat ini tentunya sangat memudahkan dalam mendesain dan merancang suatu mesin.

Langkah selanjutnya proses pembuatan mesin tahap per tahap dimulai dari pembuatan rangka, pembuatan pisau sesuai bentuk, kebutuhan dan jarak potong

yang telah ditentukan. Pemasangan pisau pada roller juga diatur sesuai arah putar porosnya, pembuatan rangka, hopper dan saluran pemisah kulit dan biji kopinya.

Langkah berikutnya adalah pemasangan atau perakitan setiap komponen- komponen mesin dimulai dari rangka, hopper, roller, saluran pemisah dan casing atau penutup rangka mesin. Langkah terakhir mesin diuji kelayakannya hingga akhirnya siap digunakan khalayak ramai.

Untuk artikel-artikel lainya terkait mesin pengolahan pangan dan pertanian, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Kontributor: Rizki Maulizar

Email: rizkimaulizar23@gmail.com

Sumber Gambar: https://www.sikumis.com/produk/mesin-pengupas-kulit-kopi-kering-huller-kopi- besi-mesin-honda (Diakses 10 Juli 2020)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *