mesin pembuat tepung

Pada skala industri yang memproduksi beraneka ragam jenis tepung tentu mereka membutuhkan alat atau mesin yang dapat menggiling dan menghaluskan bahan baku tepung (beras, gandum, jagung) menjadi tepung yang bersih, halus dan dengan proses yang cepat.

Secara tradisional, proses penggilingan dan penghalusan tepung menggunakan alat manual seperti lesung dan kain halus untuk memisahkan tepung yang kasar dan yang sudah halus.

Secara teknis, proses kerja alat atau mesin yang dirancang mengadaptasikan proses dan cara kerja sistem tradisional hanya saja dimodifikasi dan dinovasikan dengan teknologi yang ada.

Ilustrasi mesin pembuat tepung

Proses kerja mesin pembuat tepung

Ada beberapa model, desain dan spesifikasi mesin pembuat tepung yang berbeda yang telah diinovasikan sesuai jenis dan bahan baku yang digunakan tetapi pada dasarnya mengadopsi sistem kerja yang sama.

Komponen-komponen utama mesin terdiri dari motor penggerak, sproket (alat transmisi), roller penggiling, hopper, saringan dan saluran penampung tepung.

Bahan baku tepung melalui hopper diproses menggunakan roller penggiling sampai halus dan disaring menggunakan saringan yang berada pada bagian bawah roller penggiling dan ditampung menggunakan saluran penampung tepung.

Proses perancangan mesin pembuat tepung

Langkah awal dalam perancangan mesin adalah menganalisis perhitungan elemen-elemen mesin yang membentuk struktur dan komponen-komponen mesin.

Menyusun struktur atau rangka mesin dan merancang sketsa gambar kerja dari mesin yang akan dibuat sehingga proses perancangan dapat terarah dan meminimalisir kecacatan dalam proses manufaktur.

Dilanjutkan dengan pembuatan setiap komponen-komponen dengan spesifikasi dan dimensi rancang bangun yang telah dianalisis menggunakan material dengan sifat-sifat mekanik yang efisien dan aman digunakan untuk pembuatan tepung.

Langkah terakhir adalah perakitan komponen-komponen mesin menjadi mesin yang utuh yang dapat berfungsi dengan kinerja yang optimum dan uji kelayakan mesin dengan parameter-parameter yang yang telah ditentukan sesuai standar uji kelayakan mesin.

Untuk artikel-artikel lainya terkait mesin pengolahan pangan dan pertanian, klik di sini.

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Kontributor: Rizki Maulizar

Email: rizkimaulizar23@gmail.com

Sumber gambar: https://www.olx.co.id/item/getra-sy-1200-ss-disc-millmesin-penepungmesin- pembuat-tepung-iid-539876205 (Diakses pada 11 Juli 2020)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *