SOFTWARE OpenFOAM

OpenFOAM merupakan software opensource untuk computational fluid dynamics (CFD) yang dimiliki oleh OpenFOAM foundation dan didistribusikan secara eksklusif dibawash General Public License (GPL). GPL memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk mendistribusikan software dan memastikan penggunaanya akan selalu gratis selama dibawah ranah ketentuan lisensi.

free opensource CFD program openFOAM
logo OpenFOAM

Bagi orang yang sudah berkecimpung di dunia simulasi terutama CFD, tidak asing lagi bahwa software-software CFD ini tergolong memiliki harga yang premium karena kompleksitas kode nya dibandingkan dengan software seperti CAD atau simulasi FEA, sehingga ketika mendengarkan software CFD yang gratis atau opensource kabanyakan menjadi skeptis dan meragukan kapabilitas dari software tersebut.

Namun, kenyataanya justru software OpenFOAM memiliki kapabilitas dan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan software-software yang tersedia di pasaran. Tetapi mengapa banyak perusaan komersial jarang yang menggunakan software OpenFOAM? hal ini dikarenakan user interface nya yang jauh lebih rumit atau bahkan dapat dikatakan tidak memiliki user interface yang dapat langsung digunakan (bekerja hanya menggunakan console dan script pada text) sehingga dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mempelajarinya dibandingkan dengan software komersial dengan layanan purna jualnya.

OpenFOAM merupakan software CFD yang berkembang dengan sangat cepat karena dikembangkan oleh para ahli dan penggemar CFD di seluruh dunia secara terbuka. Konsep ini banyak digunakan seperti misalkan operating system LINUX, website Wikipedia, wordpress, mesin pencari mozila firefox dll.

Faktanya, banyak perusahaan-perusahaan besar seperti google, apple dan atau bahkan microsoft justru menggunakan operating system opensource seperti LINUX. Kemudian, karena sifatnya yang opensource, para pengguna OpenFOAM diberikan kebebasan untuk mengembangkan sendiri program untuk simulasinya, misalkan merubah persamaan Navier-stokes, merubah metode diskritisasi, membuat sendiri persamaan sesuai keinginanya atau bahkan membuat metode optimasi dengan algoritma yang dikembangkan sendiri tanpa ada yang ditutup-tutupi seperti pada software komersial (pada software komersial, source code tidak diberikan karena rawan akan pembajakan atau duplikasi), sehingga fleksibilitas dari software OpenFOAM ini dapat dikatakan tanpa batas.

Untuk masalah penggunaan, saat ini telah banyak berkembang perusahaan-perusahaan training OpenFOAM seperti velocity_consulting yang menawarkan jasa instalasi, training, hingga konsultasi engineering menggunakan software OpenFOAM ini. Dengan adanya layanan tersebut, user tidak perlu khawatir lagi untuk proses belajar yang lama. Untuk training openFOAM, klik di sini.

Software OpenFOAM ini telah cukup banyak digunakan pada berbagai industri terutama bidang engineering seperti energy, proses, manufaktur, pertambangan, otomotif, konstruksi, HVAC bahkan untuk analisis fenomena geofisika dan bioengineering. Berikut adalah beberapa contoh project yang pernah kami kerjakan menggunakan software OpenFOAM:

simulasi pesawat terbang untuk menganalisis karakteristik aerodinamika
simulasi valve untuk optimasi desain sebelum diproduksi
Simulasi pendinginan pada box elektronik
Simulasi pembakaran pada Boiler batu bara

Secara mendasar, software OpenFOAM itu sendiri bukanlah satu paket software dengan fitur-fitur yang user friendly, namun lebih sebagai environtment dengan kumpulan library-library yang sangat banyak mulai dari manipulasi geometri, pembuatan mesh, sederet lengkap persamaan untuk menyelesaikan persamaan mekanika fluida dengan berbagai kondisi yang bervariasi hingga manipulasi processor dan post processing (pengambilan data).

Oleh karena itu, dalam pembuatan geometri, meshing dan post-processing, sering kali openFOAM ini dikombinasikan dengan software-software lainya, baik opensource maupun komersial, sebagai contoh yang cukup sering digunakan untuk manipulasi mesh untuk kategori opensource adalah SALOME atau GMESH, sedangkan untuk kategori komersial dapat digunakan ANSYS ICEM, kemudian untuk pengolahan data (postprocessing) biasa digunakan paraView yang memiliki fitur sangat lengkap untuk pemrosesan data.

contoh tampilan paraView

Untuk mempelajari lebih lanjut, anda dapat mengakses pada link-link dibawah ini (sebagian masih under-construction):

INSTALASI

  1. Instalasi OpenFOAM pada WIndows
  2. Instalasi paraView
  3. Instalasi SALOME

TEORI

  1. Turbulen modeling dalam openFOAM
  2. Penjelasan snappyHexMesh
  3. Solver-solver standar dalam OpenFOAM
  4. Skema simulasi dalam OpenFOAM

TUTORIAL

  1. Tutorial Cavity (Basic)
  2. Tutorial Breaking of a dam (Basic)
  3. Tutorial pencampuran suhu dalam pipa (Beginner)
  4. Tutorial Motorbike (Beginner)
  5. Tutorial Pendinginan ruangan (Beginner, geometri custom)
  6. Tutorial Turbin angin (Beginner, Geometri custom)
  7. Tutorial mengedit geometri STL untuk snappyHexMesh

LAYANAN OPENFOAM

  1. Training software openFOAM
  2. Jasa simulasi CFD menggunakan openFOAM
  3. Jasa Instalasi software openFOAM

By Caesar Wiratama

aeroengineering.co.id merupakan jasa layanan dibawah PT Markom Teknologi Engineering dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA. Pelajari selengkapnya di sini.

Kami juga merupakan distributor software ANSYS di Indonesia, selengkapnya klik di sini.

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id 0815-4806-5205

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *